Upayakan Linieritas Dosen Profesi, Politeknik Bumi Akpelni Selenggarakan Bimtek RPL

Bumi Bendan – Untuk memenuhi kebutuhan dosen profesi pelaut yang persyaratannya belum dapat dipenuhi dari jenjang pendidikan formal, Politeknik Bumi Akpelni bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Perhubungan Laut dan organisasi profesi Ikatan Korps Perwira Pelayaran Niaga (IKPPNI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Rekognisi Pembelajaran Lampau/ Recognition Prior Learning (RPL) bagi 15 orang dosen berlatar belakang profesi Perwira Pelayaran Niaga yang terdiri dari 8 dosen Nautika dan 7 dosen Teknika di lingkungan Politeknik Bumi Akpelni.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 27 Desember 2019 ini dibuka secara resmi oleh Direktur Politeknik Bumi Akpelni. Dalam sambutan pembukaannya Direktur Politeknik Bumi Akpelni, Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si. menyampaikan bahwa kesulitan yang dihadapi Pendidikan Tinggi Vokasi Kemaritiman selama ini adalah memenuhi syarat dosen tetap yang linier secara akademik. Dengan adanya kesempatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pengakuan terhadap Capaian Pembelajaran (CP) yang diperoleh seseorang dari pendidikan formal atau non formal atau informal, dan/atau pengalaman kerja pada jenjang pendidikan tinggi, diharapkan para dosen bisa mendapatkan pengakuan pada KKNI level 8 (setara Magister).
Untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, maka digandenglah PPSDM dan IKPPNI untuk membimbing proses penyusunan dokumen dan pengajuan RPL bagi dosen profesi di lingkungan Politeknik Bumi Akpelni.
Ketua Umum IKPPNI, Capt. Dwiyono Soeyono M.Mar. mengatakan bahwa IKPPNI sebagai organisasi profesi mendukung sepenuhnya dan akan mengupayakan secara maksimal agar program RPL dosen profesi Politeknik Bumi Akpelni dapat segera disetujui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan juga sudah menjalin komunikasi intens dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut terkait dosen dari profesi Perwira Pelayaran Niaga, demikian dipaparkan Dr. Capt. Tri Cahyadi, M.Mar., M.H. yang turut menjadi narasumber pada kegiatan ini.
Untuk menyamakan persepsi, peserta dibimbing oleh R. Adhimaskin Kusuma Wardani, M.Mar.E. selaku Sekretaris Jenderal II IKPPNI dalam menyusun dokumen dan mempersiapkan kelengkapan yang dibutuhkan dalam pengajuan RPL ini. Peserta Bimtek mengikuti dengan antusias dan menyatakan komitmennya untuk siap menghadapi Assessment pada kesempatan pertama demi kemajuan pendidikan kepelautan khususnya di Politeknik Bumi Akpelni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *